My Sharing Corner

Sebuah Coretan

Punakawan Menggugat “Kisah Heroik dari Para Abdi Sejati” – Ardian Kresna

Punakaawn Menggungat - Ardian Kresna

Buku ini bercerita tentang Punakawan yang merasa heran dengan sikap junjungan mereka, para Pandawa, yang terlena dengan kekuasaan hingga melupakan kewjiban sebagai pemimpin. Mereka justru sibuk membuat Candi Saptaarga sebagai rasa terima kasih kepada kakek mereka, Begawan Abiyasa, padahal Abiyasa sendiri tidak menghendaki pembuatan tersebut.

Para putra Semar, Gareng, Petruk dan Bagong mempunyai peranan penting dalam cerita ini. Merekalah yang akan membantu meluruskan sikap para Pandawa yang lupa akan kewajibannya untuk mengayomi rakyatnya sebagai seorang pemimpin. Masing -masing putra Semar itu memainkan perannya masing-masing dengan menjadi seorang raja atau pemimpin baru di beberapa wilayah berbeda.

Tidak hanya cerita bagaimana para punakawan mengingatkan junjungan mereka, tapi juga kisah asmara dari Abimanyu, putra Arjuna. Disini di ceritakan bagaimana para Punakawan membantu putra junjungannya untuk menyelesaikan masalah asamaranya dengan Dewi Lesmanawati, putri Prabu Duryudanam yang tidak mendapatkan restu dari pihak Astina.

Ketika para pemimpin lupa akan kewajibannya, salah arah, maka rakyatnya lah yang harus mengingatakan mereka. Ketika rakya diam saja melihat para pemimpinnya keblinger, maka akan membawa kehancuran pada pemerintahan atau negaranya. Para pemimpin pun juga harus sadar, jabatan yang mereka emban adalah amanah dari rakyat dan harus bisa mempertanggung jawabkannya baik di dunia maupun akhirat. Mungkin itulah sepenggal nilai yang bisa diambil dari buku ini.

July 3, 2014 - Posted by | Buku

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: